IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU PERMAINAN KOTAK-KATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016

KURNIASIH, FINLAM (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU PERMAINAN KOTAK-KATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FINLAM KURNIASIH_12803241027.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu permainan kotak-katik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswa. Komponen utama dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu permainan kotak-katik adalah presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual, dan rekognisi tim. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor aktivitas belajar akuntansi, menghitung persentase rata-rata aktivitas belajar akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu permainan kotak-katik dapat meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor di setiap indikator aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I sebesar 68,15% menjadi 91,67% pada siklus II atau meningkat sebesar 23,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Permainan Kotak-katik, Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30976

Actions (login required)

View Item View Item