PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN STRATEGI 3W2H PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALAM

Agustin Susiawati, Rita (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN STRATEGI 3W2H PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rita_10201244054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran yang variatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salam dengan menggunakan strategi 3W2H. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Salam tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, catatan lapangan, dokumen tugas siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan dan catatan lapangan. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tindakan pada tanggal 29 November 2015 sampai 5 November 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test atau tes awal menulis puisi siswa, yaitu 13,37. Dari hasil tes tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya strategi yang mampu menarik minat siswa dalam menulis puisi. Maka diterapkan strategi 3W2H dalam pembelajaran. Siswa mulai mengalami peningkatan pada nilai tindakan siklus I, dengan nilai rata-rata siswa yaitu 18,62 dan meningkat sebanyak 5,25. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata siswa yaitu 20,06. Siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II sebanyak 6,69. Hasil pengamatan per individu terdapat 4 aspek pengamatan dari 32 siswa: (1) keaktifan, (2) perhatian dan konsentrasi siswa, (3) minat siswa dalam pembelajaran, dan (4) keseriusan siswa saat kegiatan menulis puisi. Keempat aspek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil pengamatan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi 3W2H mampu memberikan motivasi dan kesenangan dalam proses menulis puisi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Salam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item View Item