IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PEMINDAH TENAGA OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA

Nur, Rakhman Wahyudi (2016) IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PEMINDAH TENAGA OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nur Rakhman Wahyudi 10504247026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PEMINDAH TENAGA OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA Oleh : Nur Rakhman Wahyudi 10504247026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa; dan (2) mengetahui peningkatan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Siklus I ditempuh dengan 2 kali pertemuan dan siklus II ditempuh dengan 2 kali pertemuan. Hal tersebut disesuaikan dengan keragaman materi pembelajaran dan kompetensi dasar. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sistem Pemindah Tenaga dan siswa kelas XI Pesantren SMK Diponegoro Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi-naratif, di mana analisis tersebut menggunakan kode-kode, menggunakan gambar, diagram, tabel, ukuran-ukuran pemusatan, atau ukuran-ukuran penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Kemandirian belajar siswa pada siklus I untuk kategori tinggi sebesar 53,33%, meningkat pada siklus II menjadi 76,67 %. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami kenaikan. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 53,34%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. (c) Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat. Pada siklus I aktivitas siswa yang berada pada kategori tinggi sebesar 43,33% meningkat pada siklus II menjadi 76,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30958

Actions (login required)

View Item View Item