Nur, Mohammad Qodri (2016) KONTRIBUSI KECERDASAN ADVERSITAS, KEMAMPUAN INTERPERSONAL, DAN TINGKAT HARAPAN KERJA TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI INSTALASI DASAR LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Nur Muhammad Qodri 09501241020.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
KONTRIBUSI KECERDASAN ADVERSITAS, KEMAMPUAN INTERPERSONAL, DAN TINGKAT HARAPAN KERJA TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI INSTALASI DASAR LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 SEDAYU Oleh: Nur Mohammad Qodri 09501241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar tingkat kecerdasan adversitas, kemampuan interpersonal dan tingkat harapan kerja terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik, (2) kontribusi kecerdasan adversitas, kemampuan interpersonal dan tingkat harapan kerja terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik, (3) kontribusi kecerdasan adversitas terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik siswa, (4) kontribusi kemampuan interpersonal terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik, (5) kontribusi tingkat harapan kerja terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII dari Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 105 siswa dengan sampel 83 siswa dengan teknik proportionate random sampling. Data diambil menggunakan metode angket dan tes. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir dengan signifikansi < 0,05 dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach >0,70. Pengujian hipotesis dengan regresi ganda dan sumbangan efektif dari efektivitas garis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Analisis variabel Y dengan analisis tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat kecerdasan adversitas siswa termasuk kategori sangat tinggi, tingkat kemampuan interpersonal siswa termasuk kategori sangat tinggi, tingkat harapan kerja siswa termasuk kategori sangat tinggi dan penguasan kompetensi instalasi dasar listrik siswa tergolong sangat baik, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kecerdasan adversitas, kemampuan interpersonal dan tingkat harapan kerja terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik 41,26%, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kecerdasan adversitas terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik dengan sumbangan efektif 13,97%, (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kemampuan interpersonal terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik dengan sumbangan efektif 16,28%, (5) terdapat kontribusi pyang positif dan signifikan antara tingkat harapan kerja terhadap penguasaan kompetensi instalasi dasar listrik dengan sumbangan efektif 11,01%, Kata kunci : kecerdasan adversitas, kemampuan int
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 01:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |