PENGARUH MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR KEKUATAN BAHAN DAN KOMPONEN MESIN PROGRAM KEAHLIANTEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Tri Mart , Pamungkas (2011) PENGARUH MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR KEKUATAN BAHAN DAN KOMPONEN MESIN PROGRAM KEAHLIANTEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_INFLUENCE_OF_MODULE_TO_STUDENT_ACHIEVEMENT_ON_COMPETENCY_STANDARD_EXPLAIN_MATERIAL_STRENGTH_AND_MACHINE_COMPONENT_ON_MECHANICAL_ENGINEERING_PROGRAM_AT_SMK_N_2_YOGYAKARTA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada standar kompetensi menjelaskan dasar kekuatan bahan dan komponen mesin program keahlian teknik mesin di SMK Negeri 2 Yogyakarta, 2) Mengetahui pengaruh modul terhadap prestasi belajar siswa pada standar kompetensi menjelaskan dasar kekuatan bahan dan komponen mesin program keahlian teknik mesin di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 program keahlian teknik mesin di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan jumlah 190 siswa yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas 3M1 dan 3M2 dengan jumlah 66 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data diperoleh dari nilai awal (pretest) dan nilai akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik komparatif dengan uji–t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan modul mempunyai nilai rata-rata sebesar 80,12 dan prestasi belajar siswa yang tanpa perlakuan modul mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,48; 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa secara signifikan antara kelas yang diberi perlakuan modul dengan kelas yang tanpa perlakuan modul yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis (uji-t) dengan t hitung lebih besar dari t tabel (2,086 > 2,000)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item