KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 BANTUL

MAIKANINGRUM, MAIKANINGRUM (2015) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Maikaningrum.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman secara nyata dalam memahami kegiatan guru di sekolah yang meliputi praktik mengajar maupun praktik non mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dipandang mampu memberikan penguatan ilmu akademisnya dilapangan. PPL dipandang mampu memberikan penguatan ilmu atas teori yang dimiliki mahasiswa sehingga selaras dengan praktik-praktik nyata bidang pendidikan. Dalam rangka memperlancar pelaksanaan program kerja Praktik Pengaalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus memahami situasi dan kondisi sekolah yang akan menjadi tempat praktiknya. Oleh karena itu mahasiswa melakukan observasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik dan observasi kondisi sekolah/lembaga. Dalam obsevasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik terdapat beberapa aspek yang diamati antara lain: perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan perilaku siswa. Aspek yang diamati dalam observasi kondisi sekolah antara lain: kondisi fisik sekolah, potensi siswa dan guru, fasilitas KBM, perpustakaan, laboratorium, ekstrakurikuler, dan sebagainya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Program kerja atau kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, mencari materi pembelajaran, mempelajari materi pembelajaran, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran, praktik mengajar di kelas, menyususn alat evaluasi, mengevaluasi tugas siswa, membantu membuat administrasi guru, piket sekolah, bimbingan/monitoring dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan. Terdapat dua kategori dalam pelaksanaan praktik mengajar di kelas oleh mahasiswa yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam proses pembelajaran antara lain: membuka pelajaran, penyajian materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, dan menutup pelajaran. Selama masa Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa mendapatkan bimbingan, monitoring, dan evaluasi dari guru pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pelaksanaan program PPL memberikan manfaat bagi mahasiswa praktikan diantaranya: menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan disekolah: memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan tentang cara berfikir, cara bekerja, tugas dan tanggung jawab seorang pendidik sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi masalah pembelajaran yang dilaksanakan serta meningkatkan keterampilan membuat perangkat pembelajaran, pemilihan metode, pembuatan media, pemahaman karakteristik peserta didik sampai dengan pelaksanaan evaluasi belajar. Meskipun dalam pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terkadang ditemukan ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan, namun program kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 1 Bantul tetap dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Bantul

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30934

Actions (login required)

View Item View Item