Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Mengajar Bervariasi (Ceramah, Diskusi dan Tugas) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta II

Yuana, Hersumedi (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Mengajar Bervariasi (Ceramah, Diskusi dan Tugas) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hersumedi-yuana-05702254022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan: (1) menggambarkan penggunaan metode bervariasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di MAN Yogyakarta II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah digunakan metode bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta II dengan jumlah siswa 33. Dalam pelaksanaannya peneliti berkolaborasi dengan guru pengampu kelas XI IPA 3 Pendidikan Kewarganegaraan. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan pengamatan awal terhadap guru dan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas, kemudian dilanjutkan dengan tindakan penerapan strategi pembelajaran dengan metode bervariasi (ceramah, diskusi dan tugas). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi ( pengamatan), interview (wawancara), evaluasi pre test dan post test, dan catatan lapangan. Data mengenai aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan membandingkan keadaan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Berdasarkan analisis deskripsi dapat dijelaskan dan disimpulkan bahwa: (1) pada siklus pertama dapat diketahui bahwa peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 27,27%. Siklus kedua ini terdapat peningkatan motivasi sebesar 84,84%. (2) penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 69,69% dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Meningkatnya motivasi belajar siswa berpengaruh juga pada peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan demikian penggunaan metode bervariasi (ceramah, diskusi, dan tugas) dapat membantu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta II dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode bervariasi, pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 00:25
Last Modified: 21 Sep 2022 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30930

Actions (login required)

View Item View Item