LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 BANTUL

Rr. Ardiani, Dewi Laksitasari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RR. ARDIANI DEWI LAKSITASARI (12405241058).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 3 sks.. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat mengetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 2 Bantul dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 yang kegiatannya meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di kelas XI MIA 2, XI IIS 1, dan XI IIS 2. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI MIA 2 sebanyak 7 kali pertemuan, XI IIS 1 sebanyak 7 kali pertemuan, dan XI IIS 2 sebanyak 7 kali pertemuan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dilaksanakan dalam pembuatan perangkat pembelajaran RPP, silabus, program tahunan, program semester, serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi, dan lain-lain yang menjadikan ini sebagai pengalaman menambah bekal bagi calon tenaga pendidik di luar tugas mengajar di kelas. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Bantul selama kurang lebih satu bulan, dapat diambil makna bahwa PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan keguruan karena dapat memberikan gambaran secara nyata bagaimana tugas seorang guru, selain itu PPL merupakan wahana yang tepat untuk mempraktikkan ilmu yang telah diperolah dari kampus. Dengan pengalaman yang diperoleh selama PPL, mahasiswa dapat belajar menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang ditemui ketika PPL sehingga setelah lulus nanti diharapkan mahasiswa dapat siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru yang memiliki empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalam Lapangan (PPL), UNY, SMA Negeri 2 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30918

Actions (login required)

View Item View Item