PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II

Damayanti, Pramita (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis outbound yang layak untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kreativitas peserta didik, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi gerak melingkar beraturan peserta didik kelas X MAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis outbound, (3) mengetahui capaian kreativitas peserta didik kelas X MAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis outbound. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak melingkar beraturan dengan kegiatan outbound untuk peningkatan penguasaan materi dan pencapain kreativitas peserta didik. Tahap Design: merancang produk perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tahap Develop: Validasi draft produk oleh validator ahli dan validator praktisi, uji lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional. Tahap Disseminate: penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Data penelitian ini adalah penilaian dan saran perbaikan perangkat pembelajaran dari validator yang dijaring melalui angket validasi, penguasaan materi awal dan akhir melalui tes, serta kreativitas peserta didik melalui angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk merevisi dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran gerak melingkar beraturan berbasis outbound yang layak digunakan untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kreativitas peserta didik, (2) peningkatan penguasaan materi gerak melingkar beraturan peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai standar gain sebesar 0,59, dan (3) capaian kreativitas peserta didik dalam kategori baik dengan persentase 48% berdasarkan angket dan 72 % berdasarkan hasil observasi dari keseluruhan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:13
Last Modified: 06 Mar 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item