RELEVANSI KOMPETENSI PRAKTIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMKN 2 YOGYAKARTA DENGAN STANDAR KOMPETENSI NASIONAL (SKN) DAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI DIY

Zainal, Kurnia Restu (2016) RELEVANSI KOMPETENSI PRAKTIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMKN 2 YOGYAKARTA DENGAN STANDAR KOMPETENSI NASIONAL (SKN) DAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI DIY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Kurnia Restu Zainal 11505244003.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

RELEVANSI KOMPETENSI PRAKTIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMKN 2 YOGYAKARTA DENGAN STANDAR KOMPETENSI NASIONAL (SKN) DAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI DIY Oleh: Kurnia Restu Zainal NIM. 11505244003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kompetensi praktik konstruksi batu dan beton di SMKN 2 Yogyakarta yang relevan dengan Standar Kompetensi Nasional dan besar persentasenya, (2) kompetensi praktik konstruksi batu dan beton yang diajarkan di sekolah tetapi tidak ada dalam Standar Kompetensi Nasional, (3) kompetensi yang ada dalam Standar Kompetensi Nasional akan tetapi tidak diajarkan di sekolah, (4) kompetensi praktik konstruksi batu dan beton di SMK yang relevan dengan proyek konstruksi dan besar persentasenya, (5) kompetensi praktik konstruksi batu dan beton yang diajarkan di sekolah tetapi tidak dibutuhkan pada proyek konstruksi, (6) kompetensi yang dibutuhkan proyek konstruksi akan tetapi tidak diajarkan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan studi kasus. Tempat penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta dan perusahaan proyek konstruksi di wilayah DIY. Teknik pengumpulan data dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kompetensi yang relevan dengan Standar Kompetensi Nasional (SKN) berjumlah 25 dari 59 kompetensi yang ada dalam SKN (42,37%) dalama kategori kurang relevan, (2) Kompetensi yang diajarkan di SMKN 2 Yogyakarta namun tidak terdapat dalam SKN sebanyak 9 kompetensi, (3) Kompetensi SKN yang tidak diajarkan di SMKN 2 Yogyakarta sebanyak 34 kompetensi, (4) Kompetensi di SMKN 2 Yogyakarta yang relevan dengan proyek konstruksi sebanyak 30 dari 79 kompetensi yang ada di proyek konstruksi (37,79%) dalam kategori tidak relevan, (5) Kompetensi praktik konstruksi batu dan beton di SMKN 2 Yogyakarta yang tidak relevan dengan pekerjaan proyek konstruksi sebanyak 4 kompetensi, dan (6) Kompetensi yang belum ada di SMKN 2 Yogyakarta namun diperlukan pada proyek konstruksi sebanyak 49 kompetensi. Kata kunci: kompetensi praktik, konstruksi batu dan beton, relevansi, standar kompetensi nasional, proyek konstruksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30906

Actions (login required)

View Item View Item