HUBUNGAN PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN DUNIA INDUSTRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Arohmah, Herjuna Aji (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN DUNIA INDUSTRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Herjuna Aji Arohman 14503247011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN DUNIA INDUSTRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Herjuna Aji Arohmah NIM 14503247011 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui gambaran tentang pengetahuan dunia kerja dan dunia industri yang dimiliki siswa, (2) Mengetahui gambaran tentang motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, (3) Mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang dunia kerja dan dunia industri dengan motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian teknik mesin di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 156 siswa, kemudian diambil sampel menggunakan teknik proporsional sampling sebanyak 111 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas dilakukan dengan pengujian isi (content validity). Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengetahuan dunia kerja dan dunia industri berada pada kategori tinggi sebanyak 73 siswa (65,77%), (2) Motivasi belajar berada pada kategori tinggi sebanyak 65 siswa (58,55%), (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel pengetahuan dunia kerja dan dunia industri dengan motivasi belajar, dimana t hitung sebesar 6,323, sedangkan t tabel 1,659 dengan N=111 pada taraf signifikansi 5%. Jadi t hitung lebih besar dari pada t tabel (6,323>1,659), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian. Kata-kata kunci: Pengetahuan Dunia Kerja, Dunia Industri, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:38
Last Modified: 30 Jan 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30902

Actions (login required)

View Item View Item