PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X SMK

NUR, HIDAYAH (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X SMK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayah - 10520241023.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X SMK Oleh : NUR HIDAYAH NIM. 10520241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran pemrograman dasar untuk kelas X SMK, mengetahui unjuk kerja, mengetahui tingkat kelayakan dan mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran tersebut. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development (R & D) atau termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan dalam proses pengembangan multimedia pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: tahap perencanaan, desain, pengembangan, dan pengujian. Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan bantuan aplikasi Adobe Flash Cs6. Pengujian yang dilakukan adalah alpha testing dan beta testing. Pengujian alpha testing dengan mengetahui unjuk kerja serta validasi oleh expert judgement yaitu ahli media dan ahli materi. Beta testing yang diuji cobakan kepada siswa. Beta testing dilakukan setelah alpha testing mendapat hasil validasi yang layak. Beta testing dilakukan dengan memberikan angket dengan skala likert kepada siswa untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran di lapangan. Pengambilan data dilaksanakan di SMK N 1 Pengasih dengan melibatkan 30 siswa untuk uji coba instrumen dan SMK N 2 Pengasih dengan melibatkan 30 siswa untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata – rata penilaian kedalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian dalam menghasilkan multimedia pembelajaran dengan unjuk kerja yang telah sesuai semua fungsinya, hasil rata – rata validator ahli media sebanyak 94 pada kategori sangat layak, ahli materi sebanyak 74,67 pada kategori layak. Sedangkan menurut tanggapan siswa terhadap media di lapangan mendapat rata – rata 91,3 dengan kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa multimedia pembelejaran pemrograman dasar untuk kelas X SMK layak untuk digunakan. Kata kunci: Research and Development, Multimedia Pembelajaran, Kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30889

Actions (login required)

View Item View Item