PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 IMOGIRI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAN JASA

RAHMAWAN PUTRA, DITTO (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 IMOGIRI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAN JASA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ditto Rahmawan Putra 12803241016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi untuk siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa, 2) Mengetahui kelayakan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri pada materi jurnal penyesaian perusahaan jasa berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi, 3) Mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran game edukatif berbasis android pada kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru Akuntansi SMA. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 27 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi berdasarkan penilaian : 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,87 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,75 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 4) Penilaian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri diperoleh skor 4,19 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian game edukatif “Asah Akuntansi” berbasis android yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Akuntansi, game edukatif¸ android, SMA, Jurnal Penyesuaian.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Apr 2016 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item