PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Nuning, Afriyanti (2016) PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
NUNING AFRIYANTI 08501242002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA ABSTRAK Penulis : Nuning Afriyanti / NIM: 08501242002 Pembimbing : Mutaqin, M.Pd, M.T Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kewirausahaan di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang meliputi persepsi siswa terhadap proses pembelajaran, prestasi hasil belajar siswa, serta dampak pada diri siswa pasca pembelajaran kewirausahaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah 2 guru mata pelajaran kewirausahaan dan 170 siswa kelas XI SMK PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran kewirausahaan yang meliputi persepsi siswa kelas XI dan guru mata pelajaran kewirausahaan, prestasi hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011, dan dampak pada diri siswa pasca pembelajaran kewirausahaan yang meliputi motivasi berkarier, sikap mental berwirausaha, serta minat berwirausaha. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dengan model skala Likert, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menurut guru untuk aspek persiapan dan pelaksanaan pembelajaran beserta evaluasi kewirausahaan menunjukkan tanggapan dalam kategori baik (rata-rata 45,00 dan 90,00). Persepsi siswa pada proses pembelajaran kewirausahaan yang meliputi aspek persiapan mengajar yang dilakukan guru dan pelaksanaan beserta evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori baik (rata-rata 28,1647 dan 104,48). Prestasi hasil belajar siswa untuk mata pelajaran kewirausahaan telah memenuhi standar kelulusan yang ditetapkan sekolah yaitu 6,50 dengan nilai rata-rata 6,8254 dan dapat dikategorikan dengan baik serta tujuan dari proses pembelajaran yang direncanakan oleh guru tercapai dan terlaksana dengan baik. Dampak yang terjadi pada diri siswa pasca pembelajaran kewirausahaan untuk aspek motivasi berkarier, sikap mental berwirausaha, dan minat berwirausaha menunjukkan tanggapan dalam kategori sangat baik (rata-rata 107,25). Kata kunci : Pembelajaran Kewirausahaan, Persepsi Siswa, Prestasi Hasil Belajar, dan Dampak Kewirausahaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30878

Actions (login required)

View Item View Item