Penerapan Accelerated Learning dengan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Kompetensi Menggambar Busana Siswa SMK N 1 Sewon

Mayliana, Esther (2013) Penerapan Accelerated Learning dengan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Kompetensi Menggambar Busana Siswa SMK N 1 Sewon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-esther-mayliana-11702251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada kompetensi menggambar busana dengan menerapkan accelerated learning melalui pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMKN I Sewon dengan subjek penelitian siswa kelas XI Busana 4 sebanyak 31 orang siswa. Penelitian tindakan ini terdiri dari tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian melibatkan guru bidang keahlian dan peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, angket motivasi belajar, lembar penilaian tugas menggambar busana, dan lembar observasi proses belajar siswa. Kegiatan penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasi belajar dan hasil belajar dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga jumlah siswa yang masuk dalam kategori motivasi belajar tinggi dengan nilai 77,6 - 86,6 sebanyak 10 siswa (32,3%), jumlah siswa dengan kategori motivasi belajar sedang dengan nilai 68,5 - 77,5 sebanyak 21 siswa (67,7%), dan tidak ada siswa (0%) dengan kategori motivasi belajar rendah dengan nilai 59,4 - 68,4; (2) penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa yang dapat memperoleh nilai hasil belajar di atas KKM sebanyak 28 siswa (90,3%), sedangkan siswa dengan nilai hasil belajar di bawah KKM berjumlah tiga siswa (9,7%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kendala pada pengajaran kompetensi menggambar busana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: accelerated learning, SAVI, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:28
Last Modified: 19 Sep 2022 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30877

Actions (login required)

View Item View Item