NILAI FILOSOFI UPACARA DAUR HIDUP MITONI DI DUSUN KEDUNG I, DESA KARANGTENGAH, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Prabawa, Benny (2012) NILAI FILOSOFI UPACARA DAUR HIDUP MITONI DI DUSUN KEDUNG I, DESA KARANGTENGAH, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Benny Prabawa 07205244158.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangkaian pelaksanaan upacara daur hidup mitoni, mendeskripsikan makna simbolik sesaji atau uba rampe upacara daur hidup mitoni, nilai filosofi yang terkandung dalam upacara daur hidup mitoni, dan fungsi upacara daur hidup mitoni di dusun Kedung, desa Karangtengah, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul. Tradisi upacara daur hidup mitoni merupakan salah satu bentuk peninggalan kebudayaan nenek moyang dalam rangka untuk memberikan selamatan saat kandungan seorang calon ibu berusia tujuh bulan. Tradisi ini diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya yang sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan emik. Penelitian ini dilakukan di dusun Kedung I, desa Karangtengah, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul. Penentuan informan menggunakan teknik snowballing. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari human sources dan non human sources. yaitu dukun mitoni, kaum (pemimpin kenduri), yang mempunyai hajat, peserta kenduri, dan sesepuh desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan berperan serta dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data dimulai sampai pengumpulan data selesai dengan cara analisis induktif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan cara triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang rangkaian prosesi upacara daur hidup mitoni yang terdiri dari 1) persiapan upacara daur hidup mitoni, 2) pelaksanaan upacara daur hidup mitoni, yang meliputi (a) ngecakake sajen mitoni, (b) raupan, (c) luwaran, (d) ngadusi calon jabang bayi, (e) nyampingan, dan (f) kenduri mitoni. Makna simbolik sesaji atau uba rampe upacara daur hidup mitoni mengandung pesan moral yang berisi ajaran luhur dari nenek moyang. Nilai filosofi yang terdapat pada upacara daur hidup mitoni adalah untuk mencari keselamatan hidup, dan fungsi upacara daur hidup mitoni bagi masyarakat dusun Kedung I, desa Karangtengah, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan uraian yang sudah dipaparkan, maka ditemukan bahwa pelaksanaan upacara daur hidup mitoni dapat dipercaya memberikan perlindungan dan keselamatan. Keselamatan yang dimaksud adalah keselamatan untuk calon ibu dan bayi yang dikandungnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai filosofi, upacara daur hidup mitoni
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30876

Actions (login required)

View Item View Item