Annisa, Nur Haqiqi (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL ANNISA NUR HAQIQI (12405244026).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teoriteoriyang telah dipelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah dipelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Selain itu mahasiswa juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 Septemer 2015 di SMA Negeri 2 Bantul sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Bantul ini, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Geografi kelas X yaitu di kelas X IIS 1, X IIS 2, X MIA 1. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Sabtu jam ke 3 sampai dengan jam ke 8 di kelas X IIS 1 dan 2, serta hari Selasa pada minggu terakhir PPL pada jam ke 3 sampai dengan jam ke 5 di kelas X MIA 1. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), UNY, SMA Negeri 2 Bantul |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 01:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |