PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN TEKNIK KWL (What I Know, What I Want to Learn, and What I Learned)

Prahantoro, Andra Dadang (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN TEKNIK KWL (What I Know, What I Want to Learn, and What I Learned). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andra Dadang Prahantoro 06205244088.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita bahasa Jawa siswa kelas VIIIB SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan menggunakan teknik KWL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam II siklus dan 5 kali pertemuan, 1 kali pertemuan untuk pratindakan dan masing-masing 2 kali pertemuan untuk siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes keterampilan membaca pemahaman, lembar observasi, lembar catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan validitas instrumen penelitian ini, digunakan validitas demokratik dan validitas proses, sedangkan reliabilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan sumber. Data dianalisis dengan cara deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan peningkatan kualitas proses (keaktifan dan antusias siswa dalam pembelajaran) dan kemampuan membaca pemahaman (75% siswa mencapai KKM). Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa dengan diterapkanya teknik KWL kualitas pembelajaran menjadi meningkat, dengan indikasi meningkatnya keaktifan, apresiasi, minat belajar, memahami isi bacaan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keterampilan membaca pemahaman siswa juga meningkat, terbukti dengan nilai rerata siswa sebelum tindakan sebesar 6,86 sedangkan pada siklus I nilai rerata sebesar 7,47 dan siklus II dengan nilai rerata 8,06. Persentasi kelulusan juga telah mengalami peningkatan, sebelum diterapkan teknik KWL persentasi KKM sebesar 27,78% pascatindakan siklus I persentasi KKM sebesar 58,33% dan pascatindakan siklus II persentasi KKM sebesar 85,29%. Hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dengan teknik KWL mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa yang telah ditentukan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti palajaran telah mencapai taraf keberhasilan minimal sebesar 7,5.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca,cerita bahasa Jawa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30861

Actions (login required)

View Item View Item