PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATERI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 1 BALONGAN

Qisthi, Amri Fadhlil (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATERI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 1 BALONGAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 08401244026.swf - Published Version

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap partisipasi belajar siswa kelas VIII dalam materi pancasila pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Balongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan (treatment) model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Balongan Indramayu, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket/kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan sampel t-test dengan tahap-tahap analisis data yang telah terkumpul meliputi Analisis Deskriptif, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil pengamatan siswa selama kegiatan pembelajaran secara keseluruhan sangat berpengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap partisipasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Balongan, khususnya dalam materi Pancasila pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Partisipasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

View Item View Item