UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 GAMPING SLEMAN

SALSABILA, CINTATIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12406244017.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman; (2) peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman setelah diterapkannya metode Mind Mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan ini terjadi dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan metode Mind Mapping dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru membagi siswa secara berkelompok, siswa bersama guru mencari topik yang menarik, siswa dipersilahkan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi. Ada penyesuaian/modifikasi yaitu dengan memberikan Hand Out dan gambar penunjang, (2) penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi, wawancara, angket yang menunjukkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dan prestasi belajar sejarah meningkat. Peningkatan minat dapat dilihat dari rata-rata persentase observasi minat siswa pada siklus I sebesar 65,80%, pada siklus II menjadi 76,29%. Rata-rata persentase angket minat siswa siklus I sebesar 72,18% pada siklus II menjadi 80,23%. Prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,61% menjadi 78,12 pada siklus II. Peningkatan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥75, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: Minat belajar, Prestasi belajar dan Metode Mind Mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item View Item