Luthfiani Pangastikawati, Luthfiani Pangastikawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL LUTHFIANI P (12317244018).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan Praktik latihan kependidikan yang dilaksanakan mahasiswa dari Program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan yang diinginkan dari Praktik PPL yaitu dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran dan manajemen di sekolah untuk dapat melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Dalam praktik PPL ini dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk dapat belajar dan lebih mengenal permasalahan di sekolah terkait dengan kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran untuk dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Bantul dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. PPL di SMA Negeri 2 Bantul memiliki kelompok yang terdiri dari 22 mahasiswa dari 12 Program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Akutansi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 12 September 2015, dilakukan sebanyak 18 kali pertemuan di X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 5 dan X MIA 6. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi Pengenalan alat dan keselamatan kerja ( 1 kelas ) , menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati ( 4 Kelas ) , menjelaskan kekayaan flora dan fauna Indonesia ( 4 kelas ) dan menjelaskan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati dan usaha perlindungan keanekaragaman hayati ( 4 kelas ) dan materi ciri – ciri dan struktur virus ( 2 Kelas ) , reproduksi dan cara pengamatan virus ( 1 Kelas ) . Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yaitu 1. Dari praktikan, kurang menguasai kelas. Selama pembelajaran berlangsung, praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi. Ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. 2. Penyampaian materi terlalu cepat, Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, ada siswa yang memberi masukkan bahwa penyampain materinya terlalu cepat. Praktikan merasa memang dalam penyampaian materinya cukup cepat, karena jam pertemuan atau jam pelajaran yang menuntut siswa aktif, sedangkan materin yang diajarkan banyak. Secara garis besar, program-program yang telah direncanakan untuk pembelajaran telah berjalan dengan baik dan lancar. Adanya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 00:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |