“PENGARUH PENERAPAN E-FILING, TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA YOGYAKARTA”

Agustiningsih, Wulandari (2016) “PENGARUH PENERAPAN E-FILING, TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA YOGYAKARTA”. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img] Text
SKRIPSI_WULANDARI AGUSTININGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan e-filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta. (2) Pengaruh tingkat pemahaman perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta (3) Pengaruh kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta. (4) Pengaruh penerapan efiling, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar sebagai Wajib Pajak pengguna e-filing di KPP Pratama Yogyakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 70 responden. Data pada penelitian ini diperoleh secara primer melalui kuesioner (angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling. Kuesioner di uji validitas dan uji reliabilitas sebelum penelitian. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai Koefisien determinasi 0,454 yang berarti bahwa penerapan e-filing mempengaruhi kepatuhan wajib pajak sebesar 45,4%. (2) Tingkat pemahaman perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan Koefisien determinasi 0,444 yang berati tingkat pemahaman perpajakan mempengaruhi kepatuhan wajib pajak sebesar 44,4%. (3) Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Yogyakarta Hal ini ditunjukan dengan nilai Koefisien determinasi 0,621 berati kesadaran wajib pajak memepengaruhi kepatuhan wajib pajak sebesar 62,1%. (4) Penerapan e-filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan Nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 59.820 > 3,94.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan wajib pajak, e-filing, tingkat pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Apr 2016 00:48
Last Modified: 10 Mar 2020 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item