Kajian Lokasi Potensial untuk Pembangunan Halte Angkutan Umum Jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali

Sulistyowati, Eko Dwi (2016) Kajian Lokasi Potensial untuk Pembangunan Halte Angkutan Umum Jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI Eko Dwi (11405241033).swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui lokasi yang sesuai untuk halte angkutan umum jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali. (2) Mengetahui kesesuaian penggunaan lahan untuk lokasi pembangunan halte angkutan umum jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali. (3) Mengatahui faktor yang paling berperan dalam penentuan kelas kesesuaian lahan untuk lokasi pembangunan halte. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah X1 (penggunaan lahan), X2 (ketersediaan fasilitas penyeberangan), X3 (jarak dengan bangunan yang membutuhkan ketenangan), X4 (jarak dengan fasilitas penyeberangan), X5 (jarak dengan persimpangan). Populasi dalam penelitian ini adalah ruas jalan jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali yang dibagi ruas jalan jalur utama sebanyak 67 ruas, jalur utara sebanyak 13 ruas dan jalur selatan sebanyak 25 ruas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SIG. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Lokasi yang sesuai untuk pembangunan halte terdapat di kawasan yang memiliki penggunaan lahan dengan intensitas dan aktivitas serta bangkitan dan tarikan perjalanan yang tinggi, (2) Kelas kesesuaian lahan yang sangat sesuai untuk pembangunan halte berada di Jalan utama ruas jalan 06-08 di Kecamatan Ampel, ruas jalan 30-44 di Kecamatan Boyolali-Mojosongo, ruas jalan 49-51 di Kecamatan Teras, serta ruas jalan 62-65 dan 66-67 di Kecamatan Banyudono. Jalan utara ruas jalan 01-02 dan 14-16. Jalan selatan ruas jalan 10-12 dan 14-16, (3) Faktor yang paling berperan dalam penentuan kelas kesesuaian lahan untuk pembangunan lokasi halte jalur Solo-Semarang di Kabupaten Boyolali adalah variabel penggunaan lahan dengan kontribusi sebesar 71,50% dan ketersediaan fasilitas pejalan kaki sebesar 25%. Kata kunci : SIG, Halte, Kesesuaian Lahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 12 Apr 2016 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30841

Actions (login required)

View Item View Item