EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TENTANG OKSIDASI REDUKSI DI SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2007/2008

Vetri, Asih (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TENTANG OKSIDASI REDUKSI DI SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARA1.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan kualitas pembelajaran kimia di SMA dilihat dari aspck: ( I ) 1'cningkatan prcsw-si hclajar kimia pcscrta didik jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik, dan (2) Peningkatan motivasi belajar peserta didik untuk belaj;:r kimia. . Berdasarkan tujuan di atas, penelitian ini merupakan pcnelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor (pembelajaran kimia), dua sampel (kelas eksperimen dan kclas kontrol), dan satu kovariabcl (pengetahuan awal peserta didik). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta (iidik kelas X semester 2 SMA Negeri Banyumas, yang berjumlah 283 peserta c.idik dan terbagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik, terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen-(A 1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, data prestasi bela.jar kimia peserta didik, dan data motivasi belajar kimia peserta didik. Data dianalisis dengan analisis kovarian dan uji t antar kelompok. Hasil analisis kovarian pada data pengetahuan awal kimia dan data prestasi belajar kimia peserta didik diperoleh Fo = 6,876 dan p = 0,010. Hal ini berarti ada perbedaan yang signitikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi. Hasil analisis uji t pada motivasi beiajar kimia peserta didik memberikan hasil to = 8,091, dan p = 0,000 Hal ini berarti ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembclajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi. Dengan demikian metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik dan motivasi belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item