Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah

Hamid, Abdulloh (2013) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdulloh-hamid-11702251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: nilai-nilai karakter, proses penanaman nilai-nilai karakter. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK Salafiyah Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Dilaksanakan di SMK Salafiyah Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, pengurus yayasan dan alumni, yang dipilih secara purposif. Keabsahan data dalam penelitian ini dinyatakan dengan berbagai bukti temuan berupa rekaman suara, gambar, foto, kondisi ril lapangan sebagai fenomena atau realita sosial yang dialami. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman melalui pemaknaan data yang tersaji selama di lapangan dan sesudah meninggalkan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Nilai-nilai yang ditanamkan di SMK Salafiyah adalah nilai-nilai karakter Islam berbasis pondok pesantren, yakni: (a) nilai dasar: tawasut, tawazun, tasamuh dan i'tidal, (b) nilai personal: keimanan, ketakwaan, kemampuan baik, disiplin, kepatuhan, kemandirian, cinta ilmu, menutup aurat, dan (c) nilai sosial: kemampuan baik dalam kinerja, sopan santun, menghormati guru, memuliakan kitab, menyayangi teman, uswah hasanah, tawadhu', doa guru, berkah, dan pemisahan antara siswa-siswi; (2) Proses penanaman nilai-nilai karakter di SMK Salafiyah melalui konteks mikro dan konteks makro. Konteks mikro meliputi, pengintegrasian nilai karakter dengan setiap mata pelajaran dan muatan lokal, kegiatan pembudayaan di sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Konteks makro meliputi: melibatkan keluarga, sekolah dan masyarakat; dan (3) Faktor pendukung dan pengambat: (a) faktor pendukung, SMK Salafiyah mempunyai SDM tenaga pengajar yang memadai, siswa SMK Salafiyah mayoritas mondok di pondok pesantren, terletak di Desa Kajen, adanya program-program sekolah yang mendukung penanaman nilai-nilai karakter, adanya sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. adapun (b) faktor penghambat: terbatasnya sarana dan prasarana, perbedaan latar belakang, terbatasnya keuangan sekolah, perbedaan pemahaman tentang pendidikan karakter, belum adanya satu pondok pesantren bagi siswa. kurang optimalnya koordinasi antar sekolah, keluarga, dan masyarakat, apatisme masyarakat terhadap pendidikan SMK berbasis pondok pesantren, dan pengaruh globalisasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, Islam, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 00:27
Last Modified: 16 Sep 2022 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30839

Actions (login required)

View Item View Item