HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 MAGELANG

Nugroho, Andhi Saputro (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nugroho Andhi Saputro 08505241015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 MAGELANG Oleh: Nugroho Andhi Saputro NIM. 08505241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dalam proses belaja rmengajar dikelas dengan karakter siswa kelas XI jurusan teknik bangunan SMK N 1 Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini digunakan dua variabel yaitu variabel bebas ialah Kompetensi Guru dan variabel terikat ialah Karakter Siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi yaitu siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan kelas XI berjumlah 103 siswa menjadi responden. Pengumpulan data variabel kompetensi guru dan variabel karakter siswa menggunakan angket skala Likert dengan rentang nilai 1 sampai dengan 4. Validasi instrumen angket dilakukan melalui validasi konstruksi dan validasi isi. Validasi konstruksi menggunakan pendapat para ahli atau dosen ahli, sedangkan validasi isi angket menggunakan analisis butir rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan uji t melalui analisis regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Dari analisis deskripsi menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata kompetensi guru dalam proses belajar mengajar sebesar 2,97; nilai tertinggi adalah kompetensi profesional sebesar 3,09, dan nilai terendah adalah kompetensi pedagogik sebesar 2,87.; (2) Nilai rata-rata karakter siswa sebesar 325,6, nilai tertinggi yaitu 372 terdapat pada butir angket karakter siswa indikator religius, nilai terendah yaitu 226 terdapat pada butir angket karakter siswa indikator karakter gemar membaca. Dari uji hipotesis dihasilkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dikelas dengan karakter siswa, dibuktikan dengan uji t yang menyatakan thitung> ttabel (5,841>1,983) dengan koefisen determinan 0,252 (25,2%). Kata kunci : Kompetensi Guru dalam PMB,Karakter Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Apr 2016 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30828

Actions (login required)

View Item View Item