HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA RIAU DI YOGYAKARTA

Septri Sukma Lestari, Septri (2016) HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA RIAU DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Septri Sukma Lestari_11104241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) keterbukaan diri mahasiswa Riau di Yogyakarta, 2) penyesuaian diri pada mahasiswa Riau di Yogyakarta, 3) hubungan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Riau yang berkuliah di Yogyakarta sebanyak 85 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster quota random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala keterbukaan diri dan skala penyesuaian diri. Teknis analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, 1) mahasiswa Riau di Yogyakarta yang memiliki keterbukaan diri dengan kategori tinggi sebanyak 7 mahasiswa (8.2%), kategori sedang sebanyak 78 mahasiswa (91.8%), dan kategori rendah tidak ada. Jadi Subjek dalam penelitian ini sebagian besar memiliki keterbukaan diri sedang sebanyak 78 mahasiswa (91.8%). 2) mahasiswa Riau di Yogyakarta yang memiliki penyesuaian diri dengan kategori tinggi tidak ada, kategori sedang sebanyak 79 mahasiswa (92.9%), dan pada kategori rendah sebanyak 6 mahasiswa (7.1%). Jadi subjek dalam penelitian ini sebagian besar memiliki penyesuaian diri sedang sebanyak 79 mahasiswa (92.9%). 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta. Hal ini buktikan dengan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0.267<0.2108). Hal ini berarti semakin tinggi tingkat keterbukaan diri mahasiswa Riau di Yogyakarta, maka semakin tinggi pula penyesuaian dirinya. Kata kunci: keterbukaan diri, penyesuaian diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30802

Actions (login required)

View Item View Item