Profil Kompetensi DU/DI Bidang Perbaikan Bodi Otomotif dan Tingkat Relevansinya dengan Profil Kompetensi SMK TPBO di Kabupaten Bantul

Yudantoko, Afri (2016) Profil Kompetensi DU/DI Bidang Perbaikan Bodi Otomotif dan Tingkat Relevansinya dengan Profil Kompetensi SMK TPBO di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-afri-yudantoko-14702251034.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) profil kompetensi kerja bidang perbaikan bodi otomotif yang dibutuhkan DU/DI, (2) profil kompetensi pada SMK TPBO di Kabupaten Bantul, dan (3) klasifikasi peta kompetensi dan tingkat relevansi antara profil kompetensi bidang perbaikan bodi otomotif SMK TPBO di Kabupaten Bantul dengan profil kompetensi yang dibutuhkan DU/DI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif dengan metode penelitian survei. Penelitian ini melibatkan 14 DU/DI bidang perbaikan bodi otomotif dan 2 SMK TPBO. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik sampling jenuh. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan DU/DI dan SMK. Sedangkan teknik sampling jenuh digunakan dalam menentukan ukuran sampel pada setiap kelompok (kepala bengkel, kepala mekanik, guru, dan siswa). Data penelitian didapatkan melalui kuesioner didukung dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan data kualitatif sebagai data pendukung dan konfirmasi. Secara kuantitatif, suatu butir kompetensi diterima apabila memperoleh nilai persentase ≥ 66,67%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat 147 butir kompetensi yang menjadi profil kompetensi kerja bidang perbaikan bodi otomotif yang menjadi kebutuhan DU/DI, (2) terdapat 85 butir kompetensi yang terdapat dalam dokumen kurikulum KTSP SMK TPBO di Kabupaten Bantul dan 103 butir kompetensi yang menjadi profil kompetensi kerja yang diimplementasikan dalam pembelajaran pada SMK TPBO di Kabupaten Bantul, dan (3) klasifikasi peta kompetensi antara profil kompetensi kerja bidang perbaikan bodi otomotif yang menjadi kebutuhan DU/DI dengan profil kompetensi dokumen KTSP SMK TPBO di Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa terdapat 40 butir kompetensi yang ada pada kedua profil tersebut, 107 butir kompetensi yang hanya ada pada profil DU/DI, dan terdapat 4 butir kompetensi yang hanya ada pada profil SMK sehingga tingkat relevansinya adalah 27,211 % (tidak relevan). Sedangkan klasifikasi peta kompetensi dengan profil kompetensi kerja yang diimplementasikan dalam pembelajaran pada SMK TPBO di Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa terdapat 103 butir kompetensi yang ada pada kedua profil tersebut, 44 butir kompetensi yang hanya ada pada profil DU/DI, dan tidak terdapat butir kompetensi yang hanya ada pada profil SMK sehingga tingkat relevansinya adalah 70,068 % (relevan)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Profil kompetensi bidang perbaikan bodi otomotif DU/DI, Profil kompetensi SMK TPBO, Relevansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Apr 2016 01:41
Last Modified: 09 May 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30782

Actions (login required)

View Item View Item