HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI WASIT SEPAK BOLA DI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ega Gian Vembiarto (2016) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI WASIT SEPAK BOLA DI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wasit sepak bola di Kabupaten Sleman yang memiliki berat badan berlebih rata-rata pada saat memimpin jalannya pertandingan mengalami kelelahan pada menit-menit akhir. Kelelahan pun menyebabkan seringkali keputusan yang diambil kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dengan daya tahan kardiorespirasi wasit sepak bola di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan 1 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini wasit sepak bola di Assosiasi Cabang PSSI Kabupaten Sleman sebanyak 18 orang dengan teknik pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen IMT pada variabel indeks masa tubuh, dan tes lari 12 menit untuk tes daya tahan kardiorespirasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi secara sederhana melalui uji prasyarat normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan indeks massa tubuh dengan daya tahan kardiorespirasi wasit sepak bola di Kabupaten Sleman, yaitu sebesar -0,663 dan dibuktikan dengan nilai r sebesar -0,663 lebih besar dari r tabel hitung sebesar 0,497. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,439, sehingga kontribusi yang diberikan variabel IMT terhadap daya tahan kardiorespirasi adalah sebesar 43,9 %, dan sebesar 56,1 % daya tahan kardiorespirasi wasit sepak bola dipengaruhi variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IMT, daya tahan kardiorespirasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item