PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Khusna, Meitiya (2016) PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 melalui pemanfaatan media pembelajaran CD Interaktif, dan untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 melalui pemanfaatan media pembelajaran CD Interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, tes dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemanfaatan Media CD Interaktif dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016 pada Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang. Motivasi Belajar meningkat sebesar 6,25% atau pada siklus I sebesar 72,54% menjadi 78,79% pada siklus II. Rata-rata Prestasi Belajar pada siklus I meningkat sebesar 20,93 dari nilai 53,92 (pre test) menjadi 74,85 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan sebesar 57,15% atau 8 dari 14 siswa sudah mencapai nilai KKM 78. Peningkatan rata-rata Prestasi Belajar pada siklus II meningkat sebesar 13,04 dengan rata-rata nilai 69,10 (pre test) menjadi 82,14 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan sebesar 78,57% atau 11 dari 14 siswa sudah mencapai nilai KKM 78.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, CD Interaktif.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30771

Actions (login required)

View Item View Item