PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Wigianto, Wigianto (2015) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img] Text
TAS WIGIANTO.PDF
Restricted to Repository staff only until 11 April 2020.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menyusun produk media pembelajaran pendidikan karakter berupa buku cerita bergambar dengan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan, proses pembuatan media buku cerita bergambar, dan menghasilkan buku cerita bergambar pendidikan karakter tanggung jawab untuk peserta didik SD yang layak. Pengembangan media dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan 3 langkah pokok penelitian, yaitu: Pertama, Analisis potensi masalah yang mencakup karakteristik peserta didik Sekolah Dasar dan kebutuhan produk berupa materi. Kedua, Perancangan produk melalui tahap pembuatan tema, pembuatan story board, desain karakter, ilustrasi, penyusunan buku cerita bergambar, validasi desain, revisin desain. Ketiga, uji coba produk terhadap peserta didik kelas 2 . Hasil penelitian berupa buku cerita bergambar yang berisi materi pendidikan karakter tanggung jawab yang disusun menggunakan Adobe Photoshop CS 5 dan telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, reviewer (Guru SD kelas 2) dan dinyatakan layak. Buku pendidikan karakter tanggung jawab telah diuji cobakan kepada peserta didik Sekolah Dasar kelas 2 dan peserta didik mampu memahami materi pendidikan karakter dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30761

Actions (login required)

View Item View Item