EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI KABUPATEN BANJARNEGARA

Nur Prasetiyo, Mohamad (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Mohamad Nur Prasetiyo_10105241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi antara yang diajar dengan media video dan pembelajaran konvensional (2) efektifitas penggunaan media video dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 kandangwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen dengan jenis pretest-posttest control group design.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi, sejumlah 40 orang siswa kelas IVA dan kelas IVB. Penelitian ekperimen ini dilakukan dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yakni kelas eksperimen menggunakan media video sementara kelas kontrol menggunakan bentuk pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan penugasan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes soal pretest dan posttest, serta dokumentasi yang dilakukan sebelum penelitian terhadap kedua kelompok dengan menggunakan pengontrolan variabel sehingga hasil penelitian tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Validasi instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Spearman-Brown. Analisa data dilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan perhitungan t-test. Semua hasil dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara yang diajar dengan menggunakan media video dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t pretest antara kelompok eksperiman dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan dengan perolehan t-hitung -0,136 lebih kecil dari t-tabel 2,024. Adapun perolehan posttest antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan perbedaan yang signifikan dengan perolehan t-hitung 4,591 lebih besar dari t-tabel 2,024. (2) Pembelajaran dengan media video lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA dengan bobot keefektifan 21,74%. Hal ini ditunjukan dari Mean difference kelas eksperimen sebesar 71,25, lebih tinggi dari pada Mean difference kelas kontrol sebesar 64.625.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item