PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LAYANAN BIMBINGAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA UNTUK SISWA SMP DAN MTs

Ferly Hasan, Imam (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LAYANAN BIMBINGAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA UNTUK SISWA SMP DAN MTs. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Imam Ferly Hasan_11105244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif layanan bimbingan materi kesehatan reproduksi remaja berbasis role playing game (Game Pendidikan Kespro) yang layak untuk memenuhi kebutuhan media layanan bimbingan siswa SMP dan MTs. Materi kesehatan reproduksi remaja yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup bahasan tentang memahami pertumbuhan dan perkembangan remaja, alat-alat (organ) reproduksi, proses biologis yang terjadi, memelihara kesehatan reproduksi, dan bahaya human immunodeficency virus - acquired immuno deficiency syndrome (HIV-AIDS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji lapangan awal, 5) Revisi hasil uji lapangan awal, 6) Uji coba lapangan utama, 7) Revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) Uji lapangan operasional, 9) Revisi akhir produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 dosen PPB FIP UNY, 1 dosen KTP FIP UNY, 44 siswa kelas IX SMPN 1 Mataram dan 44 siswa kelas IX MTs Darul Qur‟an. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia interaktif layanan bimbingan materi kesehatan reproduksi remaja layak bagi siswa SMP dan MTs. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji lapangan awal melalui uji validasi oleh ahli materi dengan rata-rata (4,0) dan uji validasi oleh ahli media dengan rata-rata (3,9). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan utama di SMP dan MTs dengan rata-rata (4,34) dan (4,29), serta uji lapangan operasional dengan rata-rata (4,35) dan (4,33)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item View Item