PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA GAME TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA

Andriyanto, Andriyanto (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA GAME TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andriyanto_10105244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia game terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan variabel terikat kecerdasan emosional siswa, serta variabel bebas multimedia game. Desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. 19 siswa kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VI-B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian berupa kecerdasan emosional siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia game memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji-t gain score, kedua kelompok, diperoleh thitung yaitu 5,599 lebih besar dari ttabel (2,093) dan memperoleh nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30750

Actions (login required)

View Item View Item