Penyusunan Media Pembelajaran Ekosistem Mangrove Menggunakan Software Lectora untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA Kelas X

Bekti, Rini Pamudhi (2013) Penyusunan Media Pembelajaran Ekosistem Mangrove Menggunakan Software Lectora untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-pamundhi-bekti-11708251016.swf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran Ekosistem Mangrove berdasarkan penilaian reviewer; 2) mengetahui peningkatan motivasi peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Ekosistem Mangrove; dan 3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Ekosistem Mangrove. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang ditemukan oleh Tiagarajan kemudian dimodifikasi menjadi 3-D meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli materi yang meliputi aspek kelengkapan materi, aspek kualitas materi, aspek kualitas bahasa dan aspek kualitas visual, satu ahli media yang meliputi aspek keterbacaan, aspek kualitas gambar, aspek keserasian, aspek kualitas audio, aspek tata letak dan aspek animasi. Empat guru dan empat teman sejawat yang meliputi aspek isi dan aspek tampilan media. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X SMAN 1 Temon Kulon Progo, dengan rincian 15 siswa untuk uji coba terbatas, dan 23 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes (pretest-postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran Ekosistem Mangrove yang disusun layak digunakan dengan kategori sangat baik berdasarkan rata-rata penilaian ahli materi dan ahli media, kategori baik berdasarkan rata-rata penilaian guru biologi dan teman sejawat, sedangkan rata-rata tanggapan peserta didik memberi respon setuju; 2) terjadi peningkatan motivasi yaitu dengan adanya peningkatan nilai motivasi sebelum pembelajaran nilai reratanya adalah 60,39 dan setelah pembelajaran sebesar 75,34, yang memiliki gain score sebesar 0,73 pada kriteria sedang; dan 3) terjadi peningkatan penguasaan konsep dapat dilihat dari rerata nilai pretest 3,60 sedangkan rerata nilai posttest 7,39 dan mempunyai nilai gain score sebesar 0,59 yang terletak pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyusunan, media pembelajaran ekosistem mangrove, software lectora, motivasi, penguasaan konsep
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 05:39
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30743

Actions (login required)

View Item View Item