Bayu Wiratsongko, Bayu (2016) PENYESUAIAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN INKLUSI PULUTAN WETAN II. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Sekolah inklusi, mulai dikembangkan dewasa ini dan sudah menampung banyak sekali anak-anak yang memiliki kategori kebutuhan khusus untuk menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus yang sedang menempuh pendidikan formal di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Inklusi Pulutan Wetan II. Subjek penelitian terdiri dari 7 orang dengan kriteria anak berkebutuhan khusus dan sedang menempuh pendiikan minimal pada kelas 3 SD serta 3 orang key informant yaitu guru dari ABK tersebut. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara mendalam. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuain diri pada ke tujuh subjek dilihat dari masing-masing aspek yaitu : 1) penyesuain diri psikologis yang meliputi unsur kognitif dan afektif, keenam subjek mampu menyesuaikan diri dengan baik sementara satu orang subjek tidak 2) penyesuian sosial yang meliputi unsur interaksi sosial dan partisipasi sosial, keenam subjek mampu menyesuaikan diri dengan baik sementara satu orang subjek tidak 3) reaksi penyesuain diri rata-rata dari subjek memunculkan reaksi penyesuaian diri represi sementara untuk reaksi penyesuaian diri konversi maupun rasionalisasi hanya ditunjukkan satu siswa. Kata kunci : penyesuaian diri, anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 03:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |