Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan menggunakan Modul Interaktif Berbantuan Komputer dan Modul Konvensional terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kandangan

Rumansyah, Muhammad (2013) Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan menggunakan Modul Interaktif Berbantuan Komputer dan Modul Konvensional terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kandangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-rumansyah-10708259009.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan: 1) perbedaan pengaruh pembelajaran dengan menggunakan modul interaktif dan modul konvensional terhadap pemahaman konsep IPA, dan 2) pemahaman konsep IPA antara siswa laki-laki dan perempuan yang belajar dengan menggunakan modul interaktif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain counterbalanced. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandangan. Populasi terdiri dari 101 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini kelas VIII D dan kelompok kontrol kelas VIII E. Perlakuan terhadap kelompok eksperimen dan kontrol dipertukarkan setelah setengah dari materi pelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA adalah soal tes kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Uji coba modul multimedia interaktif dan modul konvensional diterapkan pada 8 siswa kelas VIII yang tidak terpilih sebagai sampel. Uji coba instrumen tes pemahaman konsep IPA dilakukan pada 30 siswa kelas IX. Normalitas data diuji dengan menggunakan Kolmogorov- Smirnov dan homogenitas data menggunakan uji Lavene. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan modul interaktif dan modul konvensional terhadap pemahaman konsep IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan modul multimedia interaktif dan modul terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada taraf signifikansi 0,05. Skor siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul interaktif menunjukkan skor yang lebih tinggi dibandingkan skor siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak berbeda secara signifikan pemahaman konsep IPA siswa laki-laki dan perempuan yang belajar dengan modul interaktif pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul interaktif, modul konvensional, pemahaman konsep IPA
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30736

Actions (login required)

View Item View Item