PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 4 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Irmayanti, Shabrina (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 4 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHABRINA IRMAYANTI_12803244006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog bagi siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman dengan materi Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek materi, pembelajaran, tampilan, bahasa, dan pemrograman. Selain itu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 guru akuntansi, dan 21 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhadap 21 siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman sebagai subjek uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdiri dari lima tahap membuat Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog yaitu: 1) Analysis, 2) Design (Perancangan), 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,68 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,97 yang termasuk dalam kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,7 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir memperoleh rata-rata skor 3,4 yang termasuk kategori Sangat Baik. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog ini sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog, diperoleh peningkatan sebesar 7,14% dari 71,78% menjadi 78,92%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -5.882 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Web Blog, Motivasi Belajar, Perusahaan Dagang, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item