Pengembangan Laboratorium Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Fergiyono, Nico (2016) Pengembangan Laboratorium Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413244014.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Laboratorium Pendidikan Sosiologi merupakan salah satu sumber belajar yang ada di Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Laboratorium ini sengaja didirikan sebagai salah satu sumber belajar yang berguna untuk membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran dan aktivitas belajar mahasiswa, meskipun bernama laboratorium namun Laboratorium Pendidikan Sosiologi lebih seperti perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan Laboratorium Pendidikan Sosiologi agar dapat menunjang proses pembelajaran dan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan sosiologi, serta hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laboratorium Pendidikan Sosiologi sudah melakukan pengembangan guna memenuhi tuntutannya, hal itu selaras dengan pelayanan yang diberikan oleh Laboratorium Pendidikan Sosiologi dalam proses pembelajaran dan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan sosiologi yang ditunjukan dengan fasilitas koleksi referensi, koleksi media pembelajaran, jaringan internet yang cepat, komputer yang bisa digunakan pengunjung, koleksi skripsi yang cukup banyak, tempat berdiskusi dan ramahnya pelayanan dari pengurus membuat laboratorium sudah berusaha mengembangkan pelayanannya. Terbukti dengan banyaknya anggapan mahasiswa tentang manfaat laboratorium bagi mereka. Peranan laboratorium bagi mahasiswa diantaranya adalah mahasiswa pernah melakukan kegiatan pembelajaran di dalam laboratorium, banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas, berdiskusi, membaca buku, mencari referensi skripsi, meminjam buku, mencari jurnal, dan mencari buku elektronik lewat jaringan internet yang disediakan. Dalam pelaksanaanya tentu ada hambatan yang menyebabkan peranan laboratorium dalam proses pembelajaran dan aktivitas belajar mahasiswa menjadi kurang optimal seperti ruangan yang sempit, pendingin ruangan yang sering rusak, suasana yang ramai, referensi kurang lengkap dan lain-lain, tetapi tidak bisa dikesampingkan bahwa terdapat pula faktor yang mendukung peranan Laboratorium Pendidikan Sosiologi dalam proses pembelajaran dan penunjang aktivitas belajar mahasiswa pendidikan sosiologi seperti, akses internet yang cepat, komputer untuk pengunjung, printer, scaner, dan tempat untuk berdiskusi lintas angkatan . Kata kunci : Laboratorium, pembelajaran, aktivitas belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Apr 2016 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30712

Actions (login required)

View Item View Item