Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Tengah Arus Globalisasi(Studi di Desa Wisata Melikan Kecamatn Wedi Kabupaten Klaten)

Santi, Suyin Dias (2016) Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Tengah Arus Globalisasi(Studi di Desa Wisata Melikan Kecamatn Wedi Kabupaten Klaten). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241029.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat lokal Desa Melikan dalam mengembangkan desa wisata di tengah arus globalisasi. Selain itu juga untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemui selama pengembangan desa wisata tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling, sebanyak 7 orang yang terdiri dari 5 orang pengrajin sekaligus anggota kelompok penerima wisata, 1 orang aparatur desa yang juga bekerja sebagai pengrajin, dan 1 orang Kepala Desa Melikan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dengan cara membandingkan antara satu data dengan data yang lain untuk pengecekan. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam masyarakat Desa Melikan berpartisipasi dalam mengembangkan desa wisata. Alasan masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan desa wisata ini karena masyarakat ingin menjaga dan melestarikan kearifan lokal budaya setempat yaitu adanya teknik putaran miring dalam pembuatan kerajinan gerabah yang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Partisipasi yang dilakukan masyarakat Desa Melikan berupa partisipasi dalam bentuk sumbangan pemikiran yaitu dengan memunculkan ide-ide baru untuk pengembangan desa wisata, sumbangan materi berupa dana maupun barang, partisipasi dalam bentuk tenaga(bekerja) yaitu diwujudkan dengan bekerja dengan giat dan mempertahankan pekerjaan sebagai pengrajin sebagai ikon desa wisata tersebut dan terakhir adalah partisipasi dalam hal memanfaatkan pembangunan dan menjaganya. Kendala yang ditemui masyarakat diantaranya adalah kurangnya perhatian Pemerintah Kabupaten dalam hal pengembangan desa wisata ini, masih adanya masyarakat yang belum terlibat dalam pengembangan desa wisata dan lainnya. Solusi yang telah dilakukan masyarakat antara lain dengan memaksimalkan apa yang dipunyai oleh masyarakat sendiri serta berusaha secara mandiri mengembangkan desa wisata supaya bisa tetap berkembang. Kata kunci : Partisipasi, Desa Wisata Melikan, Pengembangan Desa Wisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Apr 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30711

Actions (login required)

View Item View Item