Perbedaan Keefektifan Penggunaan Media Simulasi Virtual Interaktif Dan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual

Prambudi, Kuncoro (2013) Perbedaan Keefektifan Penggunaan Media Simulasi Virtual Interaktif Dan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kuncoro-prambudi-10708251008.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaaan peningkatan hasil belajar bagi siswa-siswa yang yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual interaktif menggunakan media simulasi virtual dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Power Point. Hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dan dilaksanakan mulai bulan April sampai Juni 2012. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas, diambil sebagai sampel secara randomized control group pretest-posttest design. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimental dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Perlakuan eksperimental berupa pembelajaran dengan kontekstual interaktif menggunakan media simulasi virtual , sedangkan perlakuan kontrol berupa pembelajaran dengan Power Point. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu ekor (one tail) Taraf signifikansi yang digunakan adalah α = 0,05. Analisis data dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimental dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan pada indikator, karena nilai Sig. > 0,05 (pada gain ranah kognitif, Sig. = 0,216). Dengan demikian, ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual interaktif menggunakan media simulasi virtual dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Power Point.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual interaktif, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item View Item