Studi Kinerja Guru Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Jayanti, Kresni Dwi (2013) Studi Kinerja Guru Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kresni-dwi-jayanti-11708251023.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk: (1) mengetahui kinerja guru lulusan program studi pendidikan kimia FMIPA UNY yang mengajar di sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dan (2) mengetahui kinerja guru lulusan program studi pendidikan kimia FMIPA UNY dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi penelitian guru kimia lulusan UNY tahun 2002 sampai dengan 2009 yang bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi tersebar di beberapa SMA dan SMK pada lima wilayah Kabupaten/Kota yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo. Jumlah sampel guru kimia tahun 2002-2009 sebanyak 17 orang. Untuk memperoleh data yang lebih lengkap, peneliti meminta pendapat dari kepala sekolah, 2 teman sejawat dan 30 peserta didik dimana guru yang bersangkutan bertugas. Peserta didik yang diminta untuk memberikan pendapat merupakan peserta didik yang pernah/sedang diberi pelajaran oleh guru kimia lulusan UNY tahun 2002-2009 di sekolah yang bersangkutan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi untuk peneliti yang digunakan untuk menilai kinerja guru, angket untuk kepala sekolah, 2 guru sejawat dan peserta didikdan lembar pertanyaan sebagai pertanyaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja guru lulusan program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Yogyakarta di SMA/SMK pada kompetensi pedagogik menurut kepala sekolah dan guru sejawat memiliki kriteria sangat baik, sedangkan menurut peserta didik adalah baik. Kompetensi kepribadian menurut kepala sekolah, guru sejawat dan peserta didik memiliki kriteria sangat baik. Kompetensi sosial menurut kepala sekolah dan guru sejawat memiliki kriteria baik, sedangkan menurut peserta didik adalah sangat baik. Kompetensi profesional menurut kepala sekolah dan guru sejawat memiliki kriteria baik. (2) Kinerja guru kimiahasil observasi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran memiliki kriteria baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja guru kimia lulusan program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Yogyakarta di sekolah menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta secara umum adalah baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, kompetensi guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30707

Actions (login required)

View Item View Item