MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

YULIYANTO, NANANG (2016) MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NANANG YULIYANTO_12803241059.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Ular Tangga Administrasi Pajak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten; mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga Administrasi Pajak berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; mengetahui penilaian siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten terhadap media pembelajaran Ular Tangga Administrasi Pajak; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten setelah menggunakan media pembelajaran Ular Tangga Administrasi Pajak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Ular Tangga Administrasi Pajak dinilai kelayakannya oleh 2 ahli materi (dosen dan guru), 1 ahli media, 16 siswa uji coba kelompok kecil, dan 31 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi dilakukan terhadap 68 siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Klaten (34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Ular Tangga Administrasi Pajak: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design) 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Tingkat kelayakan Ular Tangga Administrasi Pajak sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata skor 4,30 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata skor 4,11 yang termasuk dalam kategori Layak. Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba kelompok kecil diperoleh rerata skor 4,39 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan siswa uji coba lapangan diperoleh rerata skor 4,21 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, Ular Tangga Administrasi Pajak ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan uji t diperoleh t hitung = 5,808 > t tabel = 1,997 dan sig p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media Ular Tangga Administrasi Pajak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Ular Tangga, Administrasi Pajak, Motivasi Belajar, SMK, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30704

Actions (login required)

View Item View Item