PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN MAGELANG

Nikky, Dewi Kurnia Putri (2016) PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nikky Dewi Kurnia Putri 09513241036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN MAGELANG Oleh : Nikky Dewi Kurnia Putri NIM 09513241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian kompetensi membuat hiasan pada busana khususnya sulaman manik-manik sebelum dan sesudah diterapkannya metode Numbered Head Together (NHT) pada kelas XI Busana di SMK Muhammadiyah 1 Sawangan Magelang, 2) Pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap pencapaian kompetensi membuat hiasan pada busana khususnya sulaman manik-manik pada kelas XI Busana di SMK Muhammadiyah 1 Sawangan Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Sawangan Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana Butik. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan 3 aspek penilaian, yaitu: 1) kognitif, 2) afektif, 3) psikomotor. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data dengan rumus paired t-test. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi membuat hiasan pada busana khususnya sulaman manik- manik sebelum dan sesudah diterapkannya metode Numbered Head Together (NHT) di SMK Muhammadiyah 1 Sawangan Magelang terdapat (100%) pada kategori belum tuntas KKM yaitu sebanyak 20 siswa dengan nilai tertinggi 74,3 nilai terendah 43,5 rata-rata sebesar 58,79 dan terdapat (85%) sudah memenuhi KKM yaitu sebanyak 17 siswa dengan nilai tertinggi 92,9 nilai terendah 73,7 rata-rata sebesar 80, 2) Terdapat pengaruh penerapan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap pencapaian kompetensi membuat hiasan pada busana khususnya sulaman manik-manik sebelum dan sesudah diterapkannya metode Numbered Head Together (NHT) Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t sebesar t=11,865 dengan df=19 dan p=0,000 karena nilai p<0,05 maka Ha diterima, sehingga ada pengaruh penerapan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap pencapaian kompetensi sulaman manik-manik di SMK Muhammadiyah 1 Sawangan Magelang. Kata kunci: Numbered Head Together, pencapaian kompetensi, menghias busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item