PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Setiyo, Yulianto (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Setiyo Yulianto 1050cccccc.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Setiyo Yulianto 10503241026 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X TP 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Gambar Teknik penerapan metode Pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Jenis tindakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning selanjutnya disingkat PBL. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada penelitian kali ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Carr dan Kemmis. Model ini mempunyai langkah pokok 4 macam yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan atau perlakuan, (3) Observasi atau pengamatan, (4) Refleksi. Sedangkan pada perlakuannya mengacu pada PBL menurut Kilbane dan Milman yang juga dibagi dalam empat langkah yaitu (1) Mempresentasikan atau mengidentifikasi masalah, (2) Mengembangkan rencana untuk memecahkan masalah, (3) Menerapkan rencana untuk memecahkan masalah, (4) Mengevaluasi hasil penerapan rencana pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan pada kelas X TP 1 dengan jumlah 30 siswa, waktu penerapan perlakuan dimulai pada Selasa, 5 Mei 2015 pada jam kedelapan di SMK N 2 Yogyakarta. Penerapan metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta kelas X TP 1 membuat prestasi belajar siswa meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari jumlah siswa yang memiliki nilai job gambar memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) lebih banyak dari pembelajaran sebelumnya. Yaitu pada pra silklus partisipasi siswa sebanyak 27 siswa (90%), kemudian untuk nilai job gambar sebanyak 25 siswa (83,3%) dari total 30 siswa memenuhi KKM. Sedangkan untuk siklus I jumlah siswa yang memenuhi KKM adalah 22 siswa (73,7%) meningkat pada siklus II menjadi 25 siswa (83,3%). Kata kunci: Metode pembelajaran, Gambar teknik, Problem based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30689

Actions (login required)

View Item View Item