EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ SMK N 1 PUNDONG

Oktaviani, Faizatul Khasanah (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Oktaviani Faizatul Khasanah.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ SMK N 1 PUNDONG Oleh Oktaviani Faizatul Khasanah NIM 11520241005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X TKJ mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI yang menggunakan metode konvensional dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran edmodo di SMK N 1 Pundong, (2) mengetahui efektivitas Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI kelas X TKJ di SMK N 1 Pundong. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian adalah siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 1 Pundog dan sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pundong yang berjumlah 63 siswa. Teknik analasis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Validitas dalam penelitian ini yaitu validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan rumus spearman brown untuk instrumen test diperoleh nilai sebesar r= 0,898 dan alpha cronbach untuk instrumen angket diperoleh nilai sebesar r= 0,948. Tingkat kesukaran soal dalam kriteria sedang dan daya beda soal dalam kriteria baik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan pengujian efektivitas penggunaan jejaring sosial edmodo pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI yang menggunakan media jejaring sosial pendidikan edmodo dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan hasil perhitungan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 77% termasuk dalam kategori efektif (>76%) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan jejaring sosial edmodo efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI. Hasil perhitungan rata-rata angket menunjukkan angka sebesar 81,69% yang termasuk kategori sangat tinggi (≥75%) sehingga dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap penggunaan jejaring sosial edmodo pada pembelajaran Instalasi Sistem Operasi GUI CLI sangat tinggi. Kata kunci : perbedaan, Edmodo, efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item View Item