KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN DALAM MENYELENGGARAKAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA

Nedi, Setiawan (2016) KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN DALAM MENYELENGGARAKAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nedi Setiawan -10504241023).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN DALAM MENYELENGGARAKAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA Oleh: Nedi Setiawan NIM 10504241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesesuaian luas prasarana yang dimiliki oleh SMK swasta se-Kabupaten Sleman dengan mengacu kepada lampiran Permendiknas 40/2008, (2) mengetahui ketercukupan sarana kompetensi keahlian TSM di SMK swasta se-Kabupaten Sleman, (3) mengetahui kondisi prasarana kompetensi keahlian TSM di SMK swasta se-Kabupaten Sleman (4) mendeskripsikan tingkat kesiapan SMK swasta se-Kabupaten Sleman dalam menyelenggarakan kompetensi keahlian TSM ditinjau dari sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua SMK swasta di Kabupaten Sleman yang menyelenggarakan kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Sebanyak 5 (lima) sekolah menjadi objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas melalui penilaian para ahli (Expert Judgement). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian diketahui bahwa: (1) prasarana kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Swasta se-Kabupaten Sleman menunjukkan persentase ketersesuaian sebesar 86% dari standar yang ditetapkan melalui Permendiknas 40/2008. Pencapaian tersebut berada dalam kategori sangat siap. (2) sarana kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK swasta se-Kabupaten Sleman diperoleh bahwa angka persentase ketercukupan sarana sebesar 84,07%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Sarana yang berada pada SMK sudah sangat siap. (3) kondisi prasarana kompetensi keahlian TSM di SMK swasta se-Kabupaten Sleman didapatkan sebesar 70,89% memenuhi standar minimal. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat kondisi prasarana berada dalam kategori siap. (4) penelitian sarana dan prasarana menunjukkan bahwa Tingkat kesiapan SMK swasta se-Kabupaten Sleman dalam menyelenggarakan kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor berada pada kategori siap. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka pencapaian persentase rata-rata ketersesuaian sebesar 80,5%. Kata kunci: Sarana prasarana, Teknik Sepeda Motor, SMK swasta Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item View Item