DAMPAK POLA PENGASUHAN ANAK TIPE AUTHORITATIVE TERHADAP PENINGKATAN KASUS MBA (MARRIED BY ACCIDENT) DI DALAM KOMPLEKS PERUMAHAN MILITER KOREM O72/ PAMUNGKAS

Wahyu A., Taregan (2016) DAMPAK POLA PENGASUHAN ANAK TIPE AUTHORITATIVE TERHADAP PENINGKATAN KASUS MBA (MARRIED BY ACCIDENT) DI DALAM KOMPLEKS PERUMAHAN MILITER KOREM O72/ PAMUNGKAS. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 12413244015.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
1. Skripsi Full 12413244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi seorang anak dalam melakukan fenomena peningkatan kasus MBA (Married By Accident) dan untuk mengetahui alasan mengapa pola asuh anak tipe authoritative menimbulkan peningkatan kasus MBA (Married By Accident) di dalam kompleks Perumahan Militer Korem 072/ Pamungkas, serta untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan bagi seorang anak setelah melakukan tindakan tersebut dalam kehidupannya. Fokus pada penelitian ini adalah pola asuh authoritative yang diterapkan, mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi peningkatan perilaku MBA (Married By Accident), serta mengetahui kehidupan lebih lanjut pada anak-anak pelaku serta hubungan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah anak-anak pelaku MBA (Married By Accident) di dalam lingkungan Kompleks Perumahan Militer Korem 072/ Pamungkas. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penggumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif model interaktif sebagaimana diajukan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan perilaku MBA ( Married By Accident) adalah faktor pola pengasuhan anak tipe authoritative serta faktor lingkungan sekitar yang mendukung untuk melakukan perilaku tersebut. Pola pengasuhan anak disana menimbulkan perilaku MBA ( Married By Accident) dikarenakan pada tataran orang tua yang menerapkan disiplin keras serta memberikan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar untuk anak-anak perempuannya. Dampak yang ditimbulkan dari keputusan yang diambil anak-anak pelaku MBA ( Married By Accident) mendapatkan berbagai bentuk respon mulai dari bentuk diskriminasi dari keluarga maupun lingkungan sekitar, akan tetapi mereka membuktikan bahwa mereka mampu untuk membangun keluarga kecil mereka dikemudian hari. Kata Kunci: Pola Pengasuhan Anak Authoritative, Keluarga Militer Korem 072/ Pamungkas, MBA (Married By Accident)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item View Item