PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP KINERJA MAHASISWA PPL JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNY DI KABUPATEN SLEMAN

JATI, DANANG WAHYU EKO (2016) PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP KINERJA MAHASISWA PPL JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNY DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 11416244024.swf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
1. Skripsi Full 11416244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui persepsi guru pembimbing terhadap kinerja mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNY di Kabupaten Sleman dan 2) mengetahui persepsi guru pembimbing PPL tentang kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab kinerja mahasiswa PPL. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, menurut jenis datanya penelitian menggunakan data kuantitatif. Variabel dalam penelitian adalah persepsi guru pembimbing terkait kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab mahasiswa PPL terhadap kinerja mahasiswa PPL. Penelitian merupakan penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif melalui perhitungan mean (M) dan standar deviasi (SD). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi guru pembimbing terhadap kinerja mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNY di Kabupaten Sleman adalah: berdasarkan dari angket yang berisikan 64 pertanyaan terdapat nilai, sangat baik 29 (60,42%), baik 18 (37,50%), kurang baik 1 (2,08%), dan tidak ada responden (0%) yang mempersepsikan tidak baik dan sangat tidak baik. Hasil penelitian 2) persepsi guru pembimbing terhadap kinerja mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNY di Kabupaten Sleman jika ditinjau berdasarkan setiap indikator adalah: indikator kualitas 36 (75%) sangat baik, 11 (22,92%) baik, 1 (2,08%) kurang baik, 0% tidak baik dan sangat tidak baik, indikator kuantitas 33 (68,75%) sangat baik, 13 (27,08%) baik, 2 (4,17%) kurang baik, 0% tidak baik dan sangat tidak baik, indikator pelaksanaan tugas 27 (56,25%) sangat baik, 20 (41,67%) baik, 1 (2,08%) kurang baik, 0% tidak baik dan sangat tidak baik, dan indikator tanggung jawab 39 (81,25%) sangat baik, 9 (18,75%) baik, dan 0% kurang baik, tidak baik dan sangat tidak baik. Kata kunci: Persepsi guru pembimbing, Kinerja mahasiswa PPL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item