PENGARUH SIKAP SISWA DAN VARIASI CARA MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI SMP KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

TRIYANTIYO, ALIN (2016) PENGARUH SIKAP SISWA DAN VARIASI CARA MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI SMP KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, FIS.

[img] Text
Skripsi Full 09416244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09416244004m.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS; (2) Pengaruh variasi cara mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS; dan (3) Pengaruh sikap siswa dan variasi cara mengajar guru secara bersama terhadap prestasi belajar IPS di SMP Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrumen diukur dengan analisis product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS SMP Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (3,548>1,972); (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan variasi cara mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS SMP Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (3,600>1,972); dan (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan sikap siswa dan variasi cara mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS ditunjukan dengan F_hitung lebih besar dari F_tabel (15,205>3,041). Sikap siswa dan variasi cara mengajar guru memberikan sumbangan efektif 13,1% terhadap prestasi belajar, sisanya 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: sikap siswa, variasi cara mengajar guru, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30674

Actions (login required)

View Item View Item